• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 CIKANDE. Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Login Member

Username:
Password :

Agenda

23 January 2022
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5

VISI SEKOLAH

 

PERCEKA

(Peserta Didik Cerdas Berkarakter)

Indikator Visi Sekolah

  1. Peserta didik memiliki kecerdasan intelektual (Intelegensi Quotient/IQ), kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient/SQ).
  2. Peserta didik memiliki 18 nilai karakter (religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan/ nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab) sebagai bekal membangun karakter bangsa.

 

Penjelasan Visi Sekolah

Kata ”perceka” dalam bahasa Sunda artinya seseorang yang memiliki banyak keahlian, kepintaran dan pandai berkomunikasi. Perceka dalam visi ini merupakan akronim dari ”Peserta didik Cerdas dan Berkarakter”. Ada tiga indikator dalam Visi sekolah, yaitu:

  • Peserta didik

Peserta didik sinonim dari kata murid, siswa, pelajar adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran (Wikipedia bahasa Indonesia). 

  • Cerdas,

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ”cerdas” artinya sempurna perkembangan akal budinya (untuk berfikir mengerti dan sebagainya); tajam fikiran.

  • Berkarakter

Karakter sama dengan tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Berkarakter artinya mempunyai kepribadian, berakhlak, berwatak. Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang buat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

MISI SEKOLAH

 

  • Menumbuhkembangkan sikap dan perilaku berlandaskan agama dan karakter budaya bangsa.
  • Mendorong, membantu dan memfasilitasi peserta didik untuk berprestasi dan bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.
  • Mendorong, membantu dan memfasilitasi peserta didik mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya secara optimal dan maksimal agar memiliki daya saing ditengah persaingan global.
  • Menjadikan sekolah adiwiyata yang bersih, indah, sehat, ramah dan menyenangkan.